Blog Details

7 Tips Desain Gudang Modern Minimalis

Gudang merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menyimpan barang – barang agar terlihat lebih rapi dan lebih indah. Agar gudang tersebut dapat terlihat lebih indah lagi, kamu dapat mendesainnya sesuai dengan keinginan kamu. Selain bertujuan untuk memperindah ruang gudang, mendesain gudang juga memiliki tujuan agar pemiliknya merasa nyaman dan tidak bosan akan model atau desain gudang yang tidak berubah atau itu – itu saja. Untuk menghasilkan desain gudang modern minimalis yang sesuai dengan keinginan kamu, desain tidak dapat dilakukan dengan sembarang karena ada beberapa tips yang kamu harus ketahui.

Berikut 7 tips desain gudang modern minimalis yang dapat kalian coba !

1. Memahami karakteristik barang

Tips yang satu ini memiliki tujuan agar pemilik gudang dapat mengetahui tujuan utama pembangunan dan desain gudang modern tersebut.

Misalnya, kamu wajib mengetahui berat, jumlah, dimensi, serta ketahanan barang yang akan kamu simpan di tempat tersebut.

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, kamu baru bisa memutuskan berapa luas dan besar tempat yang kamu butuhkan untuk menempatkan barang – barang yang akan kamu simpan di gudang tersebut.

2. Terdapat jendela gudang

Seperti ruangan lainnya, gudang juga merupakan tempat yang harus ada jendelanya.  Walaupun jarang kita tempati, gudang juga memerlukan sirkulasi udara agar tidak terasa panas dan lembab. Jika tidak terdapat jendela dalam gudang tersebut, hal itu bisa merusak dan berdampak buruk pada barang – barang yang tidak tahan akan kelembaban dan panas. Gudang yang lembab akan menghasilkan bau busuk atau tidak enak yang mengakibatkan bau pada barang – barangmu, serta membuat kamu merasa malas jika ingin melakukan kegiatan di gudang tersebut.

3. Memanfaatkan tempat sebaik mungkin

Gudang identik dengan tempat yang digunakan untuk menyimpan segala alat, barang, dan kebutuhan kita lainnya. Sebagai pemiliki gudang yang bijak, kamu harus bisa memanfaatkan tempat tersebut dengan sebaik – baiknya, kegiatan ini bertujuan agar tidak terjadi kekurangan tempat barang atau tempat bergerak bagi pemilik gudang. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dapat mengatur posisi barang – barang simpananmu dan menempatkannya sesuai dengan fungsinya masing – masing. Kamu wajib menaruh barang yang sering kamu gunakan di bagian yang paling depan dari pada barang – barang yang jarang kamu gunakan, agar kamu kelak tidak susah – susah untuk mencarinya jika kamu membutuhkan barang tersebut.

4. Membuat gudang modern bawah tangga

Jika gudangmu sudah terlalu penuh dan masih banyak barang yang belum kamu masukkan, kalian dapat menyiasatinya dengan membuat gudang modern bawah tanggamu. Cukup memasang rak dinding dan menata barang – barangmu dengan rapi, gudang modern bawah tanggamu akan terlihat lebih estetik.

5. Mendekorasi gudang

Walaupun gudang adalah tempat yang jarang dihuni, kalian juga wajib mendekorasi ruang tersebut seperti ruangan – ruangan lainnya. kamu bisa melakukan pengecatan pada dinding gudang dengan sekreatif mungkin, dan kalian juga dapat menambahkan pernak – pernik lainnya. Jika gudang tampak indah, kalian pasti akan merasa betah dan nyaman apa bila kamu menempatinya.

6. Pentingnya sekatan atau dinding pemisah ruangan

Di dalam gudang cenderung terdapat barang – barang yang menumpuk dan tidak beraturan letaknya. Maka dari itu, kamu wajib memberi sekatan atau dinding pemisah pada desain gudang modernmu. Kamu bisa melakukan penyekatan sesuai keinginanmu atau kamu juga bisa membelah ruangan gudangmu menjadi dua bagian agar gudangmu terlihat lebih rapi dan lebih enak di pandang oleh mata.

7. Terdapat sistem pencahayaan atau lampu

Sistem pencahayaan atau lampu merupakan hal yang sangat penting dan harus ada pada saat kamu melakukan desain gudang modern. Selain berfungsi untuk sistem pencahayaan, lampu juga berfungsi untuk menambah keindahan gudang modernmu dan akan membuat gudang tampak lebih luas walaupun gudang tersebut kecil. Kamu dapat menempatkan lampu disetiap sudut gudang atau bisa juga di tempatkan di tengah – tengah bagian gudang.

Setelah membaca beberapan tips – tips diatas, kami harap kamu dapat membuat gudangmu yang awalnya terbengkalai akan mejadi lebih estetik. Selain itu, kamu harus bisa memperhatikan keamanan barang yang ada di gudang tersebut ya, karena tidak semua barang yang di gudang itu akan aman. Bagi kamu yang masih saja tidak memperhatikan desain gudangmu, mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikannya, karena selain untuk keindahan gudang, desain gudang juga akan menambah keindahan rumahmu juga lho.

Open chat