Blog Details

Tips Sewa Gudang untuk Menjaga Barang Tetap Aman

Menyewa gudang merupakan salah satu cara untuk membantu dan mempermudahkan kita pada saat menyimpan barang ataupun benda – benda lainnya dengan bertujuan agar barang tetap aman dan selalu terjaga.

Perlu di ingat, menyimpan barang di sewa gudang, bukan berarti barang kita 100% selalu aman dan selalu terjaga. Karena banyak sedikitnya faktor akan menjadi permasalahan karna akibat dari kelalaian kita pada saat melakukan penyewaan gudang.

Agar tidak terjadi permasalahan atau kendala dikemudian hari, kita wajib melakukan tips – tips sebelum melakukan sewa gudang, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini !

1. Memperhatikan kemasan barang

Pertama – tama hal yang harus dilakukan sebelum melakukan penyimpanan barang, kalian wajib melakukan pengemasan barang terlebih dahulu. Pengemasannya dapat di lakukan dengan menggunakan kardus ataupun kayu yang sudah dilapisi bubble wrap, sterofoam, maupun kertas – kertas tebal. Selain itu, kita wajib memberi label yang jelas agar barang tetap aman.

Contohnya memberi label “ Fragile “ untuk barang yang percah belah.

2. Wajib menggunakan peti kemas atau bisa di sebut pallet

Menggunkan peti kemas atau bisa disebut pallet merupakan salah satu cara kita untuk menjaga dan menahan berat barang serta sebagai alas muatan barang agar terhindar dari kotoran maupun air yang mengakibatkan kerusakan barang.

3. Memperhatikan susunan barang

Untuk menghemat tempat dan biaya penyewaan barang, kita dapat menyimpan barang dengan cara di tumpuk. Saat kita melakukan penumpukan barang, kita wajib memperhatikan bagaimana cara menumpuk barang yang baik. Alangkah baiknya letakkan barang yang kalian anggap ringan di atas barang yang menurut kalian lebih berat. Ini merupakan salah satu tips yang wajib dilakukan seseorang pemula bisnis agar tidak terlalu mengeluarkan biaya penyewaan yang banyak.

4. Tidak menyimpan barang berbahaya

Jangan sesekali menyimpan barang berbahaya seperti zat kimia mudah meledak dan terbakar maupun barang – barang berbahaya lainnya, kecuali kita sudah konfirmasi atau sudah memberitahunya terlebih dahulu pada pemilik gudang dan seseorang yang bertugas menjaga gudang tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menganstisipasi agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan maupun hal – hal yang dapat merugikan lainnya.

5. Lebih berhati –hati saat mengambil barang

Saat mengambil barang, kita wajib memperhatikan proses pengambilan barangnya, sehingga tidak memungkinkan terjadi kecelakaan atau hal – hal yang tidak di inginkan lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas barang serta produktivitas suatu usaha.

Sebaiknya saat melakukan pengambilan barang, kita wajib menggunakan forklift atau bisa di sebut truk industri. Menggunakan forklift atau truk industri merupakan salah satu cara memperkecil angka kecelakaan, dan perlu diingat, kita wajib memilih operator yang berpengalaman dan yang mematuhi prosedur kerja, karena penerapan K3 tidak kalah penting untuk menunjang keselamatan barang dan karyawan.

Itulah beberapa tips – tips yang dapat kalian lakukan untuk menjaga keamanan barang pada saat melakukan sewa gudang, selain menjaga keamanan barang, kalian juga wajib menjaga kebersihan  dan kerapian gudang tersebut ya, karena kebersihan dan  kerapian juga merupakan bagian dari meningkatkan produktivitas dan keselamatan pekerja di gudang.

Open chat