Blog Details

Mengenal HS Code Import

Istilah HS Code mungkin jarang dikenal oleh banyak orang, istilah ini memang hanya berlaku dan hanya digunakan pada aturan – aturan serta kegiatan ekspor impor barang. Apakah kalian tau, apa yang disebut dengan HS code import ? istilah HS ialah singkatan dari Harmonized System, yang merupakan perihal penting yang terdapat pada penjualan ekspor impor barang.

Istilah HS Code mungkin jarang dikenal oleh banyak orang, istilah ini memang hanya berlaku dan hanya digunakan pada aturan aturan serta kegiatan ekspor impor barang. Apakah kalian tau, apa yang disebut dengan HS code import ? istilah HS ialah singkatan dari Harmonized System, yang merupakan perihal penting yang terdapat pada penjualan ekspor impor barang.

HS Code merupakan alat yang digunakan untuk mengklasifikasikan serta mengelompokkan barang menggunakan kode, maka terdapat langkah-langkah untuk menggunakannya. Sistem pengelompokan HS Code dibagi menjadi tiga bagian, ada Bab, Pos, serta Sub Pos. Masing-masing bagiannya memiliki jumlah digit yang berbeda – beda.

Khusus untuk Indonesia, kode penomoran HS digabung dengan kode AHTN ( ASEAN Harmonised Tariff Nomenclture ) dan WCO ( World Customs Organization ) yang mana menjadi penomoran 10 digit. Penomoran 10 digit ini adalah hasil dari penjabaran lebih spesifik HS Code yang hanya menggunakan 6 digit. Bahkan tidak hal mustahil, penomoran 10 digit akan bertambah menjadi 15 digit sesuai dengan kebijakan pemerintah yang dirasa perlu.

Agar mengetahui kode Harmonized System tersebut, Anda cukup mengunjungi situs website Indonesia National Single Window atau sering disebut INSW melalui link http://eservice.insw.go.id.

Ketika anda sudah memasuki situs website Indonesia National Single Window ( INSW ), langkah yang wajib anda lakukan selanjutnya adalah

  1. Klik bagiannya, disana akan muncul berbagai pilihan menu.
  2. Setelah itu pilih HS Code Information
  3. Ketika sudah memasuki halaman HS code tersebut, pada kolom keywords, anda wajib ketik nama atau jenis produk atau barang yang ingin anda cek.
  4. Lalu tekan “ search ”, maka setelah itu akan muncul berbagai kode yang anda cari tadi.
  5. Pilihlah kode HS sekaligus anda melihat besaran bea masuk, PPN ( Pajak Pertambahan Nilai ), hingga PPH ( Pajak Penghasilan ).

Caranya pasti mudah bukan ? dengan anda melakukan langkah tersebut, anda bisa mudah mengetahui kode Harmonized System yang akan diproses ke dalam import eksport. Walau pun kode ini sangat asing, ternyata kode ini penting.

Selain menggunakan cara tersebut, anda juga dapat mengetahui kode HS atau Harmonized System dengan melihat website milik kementrian perdagangan. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

  1. Anda wajib masuk ke situs website http://inatrade.kemendag.go.id/index.php/layanan/hs.
  2. Setelah itu lanjutkan memasukkan ke menu Layanan dan klik Daftar HS ( Harmonized System ).
  3. Jika anda sudah tau nomor HS ( Harmonized System )nya, selanjutnya anda masukkan kode HS ( Harmonized System ) barang tersebut di kolom seach.
  4. Tetapi bila anda belum mengetahui kode HS ( Harmonized System )nya, anda dapat melihat menu uraian barang ( Indonesia ).
  5. Selanjutnya, anda memasukkan keyword barang yang di cari, anda harus ketik nama ataupun jenis produk atau barang yang ingin dicek.
  6. Lalu klik menu untuk mengetahui macam – macam informasi kode HS (Harmonized System ) sesuai keyword yang di cari.

Selain mengakses dengan situs website resmi milik mentri perdagangan, anda juga dapat mengaksesnya melalui kementrian keuangan Republik Indonesia dengan Dirjen Bea Cukai menyediakan pelayanan pencarian kode HS ( Harmonized System ) melalui layanan BTKI ( Buku Tarif Kepabeanan Indonesia ). Layanan ini menampilkan lebih banyak indikator dalam sekali pencariannya, dan termasuk mengeluarkan besarnya pajak yang harus dibayarkan.

Berikut simak panduan untuk mencari kode HS  ( Harmonized System ) barang melalui layanan BTKI ( Buku Tarif Kepabeanan Indonesia ) bea cukai.

  1. Pertama ada wajib masuk ke layanan BTKI ( Buku Tarif Kepabeanan Indonesia ) bea cukai di https://www.beacukai.go.id/btki.
  2. Lalu klik menu “ INDONESIA INT “ di Toolbar setelah itu pilih “ HS CODE INFORMATION “.
  3. Pada bagian sebelah kiri, anda bisa pilih menu “ uraian bahasa indonesia “.
  4. Lanjut, jangan lupa masukkan jenis barang pada isian sebelah kanan dalam bahasa indonesia.
  5. Setelah itu akan muncul berbagai macam jenis kode HS ( Harmonized System ) dengan sesuai konten yang anda cari.
  6. yang perlu di ingat cari kode HS ( Harmonized System ) yang terdiri dari delapan digit angka.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara mencari atau mengecek kode HS ( Harmonized System ), selanjutnya anda wajib mengetahui bagaimana cara membaca kode HS tersebut :

  1. Cara yang pertama, 2 digit pertama menunjukkan Bab tempat suatu barang diklasifikasikan.
  2. Cara yang kedua, 3 digit angka berikutnya menunjukkan Heading atau pos barang pada suatu Bab.
  3. Cara yang ketiga, 6 digit angka awal menunjukkan sub-heading atau sub-pos yang ada pada setiap pos dan bab yang dimaksudkan.

Open chat