Blog Details

Tugas Logistik Dalam Suatu Perusahaan

Logistik merupakan hal yang sangat erat kaitannya jika membahas tentang perusahaan. Karena dengan adanya logistik, produk bisa sampai kepada konsumen sehingga kegiatan pembelian terjadi.

Pengertian logistik secara singkat sendiri merupakan perencanaan pengantaran barang agar sampai tepat waktu dengan jumlah yang sesuai dan dalam keadaan baik. Dengan hal ini, akan menambah nilai plus tersendiri bagi perusahaan, karena telah memenuhi keinginan konsumen dengan baik.

Dalam logistik, ada beragam tugas yang biasanya dilakukan dalam suatu perusahaan, diantaranya:

  1. Mengkoordinasi dan melacak pengiriman

Setelah pesanan diterima, pesanan tersebut diserahkan kepada pihak logistik untuk dikelola, seperti konsolidasi barang, analisis biaya, rute dan penjadwalan.

  1. Mengelola gudang

Tugas logistik di bagian ini adalah menjaga persediaan barang, memesan bahan untuk produk, mengoperasikan peralatan yang diperlukan, serta mengelola personil gudang.

  1. Mengelola pasok

Semua aspek tim logistik, seperti pengiriman, pergudangan. dan pengadaan harus bekerjasama dengan baik agar pesanan sesuai dan datang tepat waktu. Mereka yang berada di bagian ini harus bertanggungjawab untuk menciptakan dan menjaga rencana kontingensi.

  1. Mengawasi keamanan

Tugasnya berpatroli, memeriksa pengunjung, menangani situasi darurat, dan menyiapkan laporan.

  1. Memastikan pembayaran

Admin logistik harus memeriksa dan memastikan pembayaran dari konsumen agar selanjutnya bisa di proses ke penyiapan barang, pengemasan barang, sampai pengiriman barang.

  1. Membantu pelanggan

Maksudnya, dengan membantu memberi solusi dari pertanyaan pelanggan agar mereka bisa memastikan membeli apa dari perusahaan Anda. Hal ini membutuhkan skill bahasa yang mumpuni, agar pelanggan bisa puas mendapat jawaban yang jelas, serta merasa dihargai dan dibantu dengan baik.

Selain itu, ada beberapa manfaat dari manajemen logistik ini, diantaranya:

  1. Fasilitas dan transportasi

Dengan adanya fasilitas dan transportasi memudahkan kegiatan logistik, sehingga kegiatan antar barang menjadi lebih mudah dan tepat waktu.

  1. Manajemen dan administrasi

Hal ini bertujuan agar keuangan tercatat dengan baik sehingga pemasukan dan pengeluaran perusahaan lebih terstruktur.

  1. Inbound dan outbound barang

Kerjasama dengan supplier untuk mendapatkan barang yang berkualitas serta penanganan distribusi berjalan dengan baik.

  1. Kepercayaan konsumen

Dengan pelayanan yang baik, maka akan menumbuhkan rasa percaya dari konsumen sehingga bisa meningkatkan rating perusahaan. Akibatnya, pelanggan bertambah banyak serta penghasilan meningkat yang bisa mengembangkan perusahaan Anda menjadi lebih baik dengan jaringan yang luas.

Nah, itu dia tugas serta manfaat manajemen logistik yang erat sekali dengan dunia perusahaan. Tanpa manajemen logistik yang baik, maka perusahaan akan kocar kacir karena tidak ada perencanaan yang jelas, pelayanan kepada konsumen yang baik, serta kualitas barang yang mengecewakan karena sembarang memilih supplier.

Open chat